Jumat, 24 Juli 2015

Ekstrimnya Jalan Cikidang


Hai guys! 

    Gue punya pengalaman yang bisa dibilang sedikit horror nih. Jadi kemarin eh bukan, kemarinnya lagi, ng..kemarinnya dan kemarinnya lagi!Yap tepatnya hari Senin,20 juli 2015 sekitar jam 23.30 gue sekeluarga kejebak macet pas pulang dari pantai pelabuhan ratu, sukabumi. Macet total! Ya karena menurut suara dari radio yang gue denger di mobil, katanya itu puncak arus mudik. Sungguh sial. Gue pulang dari pelabuhan ratu jam 4.Tapi sampe jam setengah dua belas malem itu baru sampe di suatu pertigaan. Entah pertigaan mana wkwk.. nah kata mama gue, ke kanan itu tembusnya kec.warung kiara sukabumi, kalo ke kiri cibadak. Terus karena tujuan gue malem itu ke rumah nenek gue yang ada di cisaat, berarti deketan jalan yang nembusnya cibadak itu kan? So, ayah gue milih belok kiri.

     Anehnya, dari sekian dan sekiannn serta sekiannnn banyak mobil dan motor disitu, yang ngambil ke arah kiri cuma 3 mobil sama satu motor.  Entah bodoh atau apalah ya, gue sekeluarga malah seneng banget lewat situ karena bebas dari kemacetan.YEAYYY!!Give applause for my family!! 
*lo semua harus tepuk tangan! Kalo gak?awas! *sambil nodong pisau* apasih jadi gaje kan nih. Haha oke bact to topic. 

     Terus makin ke dalem, jalanan makin gelap! Gak ada satupun lampu penerang jalan! Gak ada satupun rumah! Kanan-kiri itu hutan, eh perkebunan kelapa sawit gitu deh. Paling parahnya lagi, MOBIL SAMA MOTOR PADA NGILANG ENTAH KEMANA! JADI TINGGAL MOBIL KELUARGA GUE SENDIRI!  Oh ya lupa ngasih tau, keluarga gue itu keluarga berencana. Terdiri dari gue, kakak laki-laki gue, sama ayah dan mama gue.
          Abis itu, jalanan yang tadinya datar mulai menanjak. Tinggi…tinggi…tinggiiiii buangetttt woyyyy!!!! Udah kayak mao ke bulan! Bener dah! Itu tuh lagunya cherry belle gak salah ya ternyata, naik delman atau onta kita ramai-ramai pergi ke bulan -_- tadinya gue pikir itu pencipta lagunya agak gesrek otaknya. Yakali woy naek onta ke bulan bisulan dah tuh ontanya. Hah..sudahlah. Kembali ke…bulan. Eh topik!
          Setelah tanjakan, langsung turunan curam banget gila! Ini jalanan apa wahana Niagara gara di dufan sih?!  Abis turunan itu, tanjakan lagi!!!!! Dan itu ayah gue gak siap. Ayah gue masang gigi 2. Pas di tengah tanjakan, Bbssshhh brrrttt.. mobil gue berenti mendadak. Beh mama gue panik banget untung ayah gue gak ikutan panik. Langsung ditaikin jadi gigi 1. Alhamdulillah naik lagi.
Terus mama gue bilang, “Yah, puter balik aja deh. Ini jalanannya ekstrim banget, gelap banget lagi gak ada lampu gak ada rumah, terus mobil kita sendirian lagi nih.”
Kata ayah gue, “Tapi kalo ini tembusnya cibadak, berarti deket banget kan. Lanjutin aja deh, siapa tau sebentar lagi keluar dari jalanan ini.”
          Akhirnya Mama gue ngangguk. Mobil gue tetep melaju dengan kelambatan wkwk..karena ayah gue ngeri gitu, ga tau medan. Bukan medan yang di sumatera woy! Pokoknya tuh mama gue udah dalam keadaan ngantuk berat, tapi campur ketakutan dan “keder” juga.  Soalnya mama gue kan orang sukabumi asli, tapi merasa kayak gak ngenalin jalan ini. Otomatis Ayah gue yang orang asli Jakarta lebih keder lagi ._. tengah malem lewat jalanan ekstrim tanpa lampu penerangan dan kanan-kirinya hutan.
          Setelah beberapa kilo melewati jalanan itu, akhirnya ada alfamart sama beberapa rumah penduduk. Ayah sama mama gue menghembuskan napas lega seperti orang yang abis tersesat di hutan. Wkwk.. tapi kebahagiaan itu tak bertahan lama. Mobil gue baru jalan sekitar 100 meter, TIBA-TIBA MEMASUKI JALANAN KECIL YANG GELAP LAGI! Tak ada lampu, tak ada rumah, tak ada kendaraan yang lewat selain mobil gue, Kiri hutan, dan KANAN JURANGGG!!! Amsyongg >,<
          Lalu ada tanjakan lagi. Tanjakan kali ini, lebih tinggi dari tanjakan sebelumnya! Kayak gak ada ujungnya nih tanjakan! Tiba-tiba ayah gue bilang,
          “Loh kok itu jalanannya putus?!!!!”
          Mama gue panik lagi, “Hah?! coba pelan-pelan yah.”
          Kata ayah gue, “ini masih tanjakan mana bisa pelan-pelan ma.”
          Mama gue bingung, Cuma bisa doa deh.
          Setelah sampe di ujung tanjakan, barulah keliatan jalanan selanjutnya ternyata tikungan patah ke kanan. Gila itu tikungan patah banget! Kanannya jurang lagi haduhh.. Dan pas di tikungan itu, ayah gue ngeliat ada motor jalan tapi gak ada orangnya ._.
          Dan akhirnyaaaaa setelah sekitar satu kilo dari tikungan itu, kita melihat jalan raya! Rame! Banyak mobil,motor,orang! Yeayyyy!!! Give applause!!! Wohoo..
          Terus ayah gue mampir ke pom bensin. Setelah isi bensin ayah gue nanya ke seorang bapak, “Pak,ini dimana ya?”
          Kata bapak itu, “Bogor.”
          BUJUD GILA! Ya kali tembusnya bogor -__- jauh amat. Terus akhirnya nanya bapak-bapak yang lain.
          “Pak ini dimana ya?”kata ayah gue.
          “Jalan raya cibadak pak.”
          Nah ini baru bener dan masuk akal. Karena mama gue masih penasaran sama jalanan ekstrim itu, akhirnya mama gue telepon tante gue.
          *pake bahasa sunda ceritanya*
          “Teh, saya udah di cibadak nih. Tadi saya lewat jalan yang banyak pohon kelapa sawitnya. Itu jalan apa ya teh?”
          “Hah? kamu lewat situ? Itu mah Cikidang!!!!”
          “Astagfirullah, oh iya ya.. itu cikidang. Ya Allah saya baru sadar.”
          Blablabla.. setelah selesai nelpon tante gue, mama gue bilang,
          “Tahun lalu ada 14 orang yang meninggal di tikungan patah itu yah. Jadi ada truk yang bawa anak-anak marching band. Terus truk nya pas di tikungan patah itu terbalik. Langsung masuk jurang.”
          Perasaan ayah gue langsung campur aduk. Antara takut, shock, dan bangga karena bisa melewati jalanan ekstrim itu wkwk..
          Setelah gue telusuri di google tentang jalan cikidang, ternyata jalanan itu lebih angker dari pada tol cipularang km 97. Tanjakan yang paling tinggi di jalan cikidang itu namanya tanjakan Emen. Tanjakan Emen kabarnya sering memakan korban. Setiap tahunnya ada saja kecelakaan yang terjadi disana. Konon, Tanjakan Emen diambil dari nama seseorang yang pernah menjadi korban tabrak lari di area tersebut, saat itulah arwah Pak Emen menuntut balas pada setiap pengendara yang pernah melakukan tabrak lari. Buat kalian yang penasaran,  gue kasih nih foto tikungan patah nya. kalo masih penasaran juga, buka youtube or google!


13 komentar:

Unknown mengatakan...

Hahaha cikidang mantap ya vroh..ane hobi touring dan kebetulan udh 3x kesawarna dan selalu lewat cikidang tengah malem.itu emg tikungan paling parah bwt ane zigzag bgtu..pengalaman ane terakhir lewat situ bareng temen" 6 motor kami jatoh semua bro karna diganggu sama mahluk situ

Unknown mengatakan...

Wah serem bgt ya😱 alhamdulillah gua sekeluarga selamat. Cukup sekali seumur hidup dah lewat situ😄

Anonim mengatakan...

aku deket banget sama ke cikidang

Unknown mengatakan...

Wah serem ya? Harus hati2 hehe

Anonim mengatakan...

Wauuu.... Gue pernah juga tuh lewat jalan itu...hmm...cikidang,... Pas touring 4 motor.. Gw berada di posisi paling akhir... Truss... Ada tikungan antara kanan dan kiri.. Hmm..temen yg didepan ambil yang kekiri... Pas lanjut masuk kedalam...wahhh...rumah gedong kosong... Busehh...akhirnya dengan nada panik, semua puter balik keluar lagi dan langsung tancap gass... Baru aja ngegass... Tiba tiba..temen yg gw boncengin teriak..teriak.." airr...awassss..!!! Aairrr..!!! " lahh... Pandangan gw mah itu jalanan turunan ame lampu lampu... Akhirnya gw bilang ma temen gw. " nyebut luhh..!!!! "
Pas dia nyebut... Baru sadar bahwa itu jalan raya ... Huhhh... Cikidang mempesona....

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah abis liburan dari ujung genteng lewat cikidang, walaupun motor saya (MATIC) gak kuat nanjak dipertengahan jalan, alhasil berenti sebentar ngademis mesin, pas ditanjakan emen motor sanggup nanjak tapi ditengah tanjakan motor gqk kuat nanjak ngebul parah (padahal abis ganti oli siang nya) untung ada temen saya yg stutin motor saya sampai akhir tanjakan

GalihSeptian mengatakan...

Alhamdulilah...di JABAR jalur cikidang emang jadi salah satu jalur favorite ane..skrg udh 7 kali pengalaman lewat sana.tikungan,tanjakan dan turunannya emang punya sensasi tersendiri..apalagi klontengah malem beehhh nambah sensasinya karna aura mistisnya dapet bgt wkkwkw walaupun sangat amat tidak dianjurkan lewat sana tengah malem..oia masih berububung soal cikidang.ane akan angkat cerita pengalaman ane dijalur itu akan ane masukin di diblog ane RideInStory.blogspot yang nanti insyaAllah rilis malem jumat..jgn lupa mampir yak! Heheh

MSR mengatakan...

Wah gile baru ane rasain padahal lewat jalur ini jam 7an udh berasa tengah malem. Ane berduaan naik matic untuk kuat, baru pertama x lewat jalur ini (belom tau namanya) dan baru tau pas liat namanya terus searching google ternyata angker wkwkwk, ane gamikir angker nya pertama tp ngeri ada begal tp alhamdulilah selamat dari jalur maut ini hahaha

Unknown mengatakan...

Persis sma pengalaman saya jga bang.. haha... Hanya skill dewa yg bsa melalui nya..😄

Unknown mengatakan...

Persis sma pengalaman saya jga bang.. haha... Hanya skill dewa yg bsa melalui nya..😄

Unknown mengatakan...

Sy sdh 3 x mengunjungi daerah Cikidang setiap 1 thn sekali sy pasti kesana Touring pakai mtr bersama2 dgn tmn2.Mf bagi sy tdk ada apa2nya.jln Cikidang. jika di bandingkan dgn jln arah Geopark Ciletuh/Curug Sodong Sukabumi. baik siang maupun mlm hari yg penting berdoa selalu dlm hati di sepanjang jln tersebut dan jg tetap berhati2.fokus tdk ngantuk.pakai selalu gigi rendah jgn pakai gigi 3 atau 4.bisa fatal akibatnya.biar lambat asal selamat.

Unknown mengatakan...

koq jadi tanjakan emen? emen bukan yg di subang itu ya?

Fitri Nur Rizki mengatakan...

Iya itu 2015 bang paling ekstrem cikidang. Jalur loji tuh baru. Saya juga pas udh ada jalur loji, luar biasa belum ada yg menandingiiiii tanjakan dan turunan yg dahsyat nya ga abis2

Posting Komentar

Kasih kritik dan sarannya ya :)